Senin, 31 Agustus 2009

Depbudpar Selidiki Asal Muasal Lagu Terang Bulan

Depbudpar Selidiki Asal Muasal Lagu Terang Bulan


JAKARTA - Polemik saling klaim antara Malaysia dan Indonesia terus berlanjut. Setelah Malaysia mengklaim tari Pendet asli milik Bali. Kini, giliran Indonesia yang balik mengklaim lagu kebangsaan Malaysia berjudul Negaraku adalah contekan dari lagu Terang Bulan milik Indonesia.Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik menegaskan departemennya segera menyelidiki asal muasal lagu Terang Bulan yang memiliki kemiripan dengan lagu kebagsaan Malaysia itu.

"Kita akan mengecek sejarah lagu itu di Arsip Nasional," kata  Jero Wacik kepada okezone di sela buka bersama di kediaman Ginandjar  Kartasasmita, Komplek Menteri Widya Chandra, Jakarta Selatan, Minggu (30/8/2009).

Dia menengarai adaptasi lagu Terang Bulan menjadi lagu Negaraku terjadi, karena Presiden Soekarno kala itu pernah memberi hadiah kemerdekaan kepada Malaysia berupa piringan hitam yang berisikan lagu Indonesia di antaranya Terang Bulan.

"Itu juga harus dicek. Saya belum bisa memastikan," sambungnya.

Polemik klaim Indonesia atas lagu milik Malaysia mencuat ke permukaan ketika Kepala Cabang Lokanta Surakarta Perum Percetakan Negara RI, Ruktiningsih mengatakan kalau lagu kebangsaan Malaysia, Negaraku memiliki kemiripan dengan aransemen lagu Terang Bulan.

Menurut dia, lagu Terang Bulan pertama kali diputar di RRI Jakarta pada tahun 1956, sedangkan Malaysia baru merdeka pada 31 Agustus 1957. Kendati begitu, hingga kini siapa pencipta lagu tersebut belum bisa diketahui.

Sumber. http://news.okezone.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar