Minggu, 23 Agustus 2009

Trik dan tips bekerja di Kapal Pesiar

Trik dan tips bekerja di Kapal Pesiar Holland America Line


DSC01174Di artikel ini saya akan memberikan trik dan tips  bekerja di salah satu perusahan kapal besar  Holland America Line atau yang terkenal dengan sebutan HALL, bagi yang sedang berburu pekerjaan di kapal pesiar tetap semangat dan yakin bahwa anda bisa dan mampu melalui berbagai macam testing di perusahan tersebut memang sulit dan susah sekali masuk ke perusahaan itu, tapi kalau kita tahu dan paham akan trik dan tipsnya terasa mudah, anda tidak usah mengeluarkan uang banyak seperti agen kapal lain, saya akan kasih bocoran dulu biar semangat key di HALL anda tidak dipungut biaya tapi anda hanya membayar uang pendidikan aja kurang lebih satu setengah bulan tapi ada juga satu bulan pendidikan langsung berangkat karena sekarang ini banyak membutuhkan crew khususnya di Hotel Dept yaitu housekeeping, biaya visa dan medical ceck up nanti juga diganti oleh agen tersebut asalkan bukti pembayarannya tidak hilang, hati-hati memilih agen kapal pesiar tidak sedikit banyak penipuan puluhuan juta dikeluarkan tapi tidak berangkat agennnya kabur dan alas an lainnya nanti saya akan berikan alamat dan situs agen HALL yang resmi, jangan mau kalau ada agen minta uang duluan ok..dulu di kapal ini karirnya susah harus bertahap tapi sekarang cepat karena ada program baru yaitu re-engenering dulu dari GPA ke Cabin steward harus melalui 3 tahap sekarang bisa 1 tahap langsung di promosi jadi cabin steward dengan syarat rajin bekerja dan memperlihatkan bahwa anda bisa bekerja dan yang paling penting on the section tidak pernah pagulung ini bahasa popular di HALL yaitu suka mencuri waktu kalau sudah ketauan pagulung jangan harap bias di promosi dengan cepat karena anda akan diberikan PIN atau warning, nah sekarang  sudah siapkah anda untuk bekerja di luar negeri?


Saya akan memberikan gambaran di bagian Housekeeping karena pengalaman saya di housekeeping dan sekarang mumpung lagi cuti saya buat artikel ini karena ingin membantu teman-teman yang ingin bekerja di kapal pesiar, jadi kalau teman-teman ingin curhat atau mau bertanya apa aja tentang di kapal pesiar saya akan berusaha menjawabnya mumpung saya masih cuti nanti kalau sudah berangkat lagi kemungkinan besar saya jarang online, mungkin kalau ada yang mau bertanya di luar housekeeping silahkan tapi saya akan jawab semampu saya.



Trik dan tips sekarang persiapkan bahasa inggris baik itu grammer maupun conversation, pelajari telling picture yaitu nanti anda akan diperlihatkan gambar alat-alat housekeeping nanti anda disuruh menyebutkan dan fungsinya dengan bahasa inggris, kalau yang paham dan pintar bahasa inggris pasti mudah melalui ini tapi yang bahasa inggrisnya pas-pasan seperti saya mendingan belajar di rumah atau practice with your friend or family atau yang lebih baik kursus soalnya salah satu sayarat ke HALL yaitu mempunyai sertificate bahasa inggris dan pengalaman hotel min 1 tahun di bintang 4 atau bintang lima dari sekarang private dulu dech dan yang paling penting berdo’a ya. Sebelumnya anda disuruh introduce your self sampai pengalaman bekerja, gampang kok asal kita ada kemauan disitu ada jalan ok..kemudian anda jangan kecil hati kalau gagal karena nanti akan di panggil lagi setelah 3 bulan, diberikan kesempatan sampai 3 kali kesempatan tes, tapi ingat ya yang harus diperhatikan yang lebih penting kesehatan percuma kalau tesnya lulus tapi ketika di medical check up tidak lulus ini di alami oleh teman saya yang sampai sekarng belum berangkat, usahakan alcohol berhenti dan merokok dari sekarang ok..ada triknya kalau nanti anda giliran tes medical ceck up 12 jam sebelumnya minum air dewegan (kelapa muda)dikupas dulu tapi batoknya jangan sampai bocor kemudian di rebus kurang lebih 1 jam dan diminum jangan lupa Bismillah dulu….sebenarnya banyak yang ingin saya terangin tapi berhubung sudah ngantuk abis shaur jadi ini mungkin yang saya gambarkan kepada teman-teman yang sekarang ingin bekerja di kapal pesiar, disana memang berat bekerja tapi disela-sela kesibukan kita bias jalan-jalan keliling amerika dan eropa bahwakan keliling dunia, pokoknya betah aja karena bias tahu negera lain, Shutle bus untuk crew sudah siapkan mau jalan-jalan kemana ayo…??asal ingat jangan harus tahu jam sailing kapal jangan sampai ketinggalan kalu ketinggalan didenda dan di pulangkan ..wasalam dech nangis Bombay..kok jadi curhat begini ya, nah teman-teman ini ada trik dan tip meghadapi Interview.
Interview adalah proses seleksi yang harus dilalui kebanyakan orang ketika melamar sebuah pekerjaan.Mungkin terasa agak susah.Setiap orang pasti akan merasa gugup jika akan mengahadapi interview, apalagi bila interview tersebut dengan principal dari luar indonesia. Normalnya perasaan gugup itu akan menghambat kita dalam proses interview tersebut jika kita tidak bisa menguranginya. Jika persiapan itu matang,fungsinya kita bisa mengontrol diri sendiri dan mempermudah kita untuk bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik dan benar. Hal-hal yang perlu kita perhatikan adalah
1. Lakukan langkah persiapan dan tumbuhkan percaya diri.Usahakan untuk tidur tidur yang cukup agar nantinya kita terlihat fresh dan tidak loyo,karena terkadang terlalu banyaknya peserta interview memakan waktu yang cukup lama.
2. Buat sedikit catatan mengenai interview, dari mulai waktu, tempat, pakaian dsb.
3. Datanglah tepat waktu, usahakan tiba tidak kurang atau lebih dari 30 menit sebelum waktu wawancara, jangan sampai terlambat. Itu akan mencerminkan kedisiplinan dan kita lebih relax untuk persiapan interview!
4. Persiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat, jangan sampai ada yang tertinggal
5. Sesuai dengan posisi yang anda lamar cobalah menulis dan melatih kemungkinan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul di saat interview,hal ini akan menambah kepercayaan diri kita untuk menjawab semua pertanyaan dengan baik dan benar.
6. Buat kesan yang baik pada saat interview.Berikan salam ketika memasuki ruang interview dan menjabat tangan sebelum dan sesudah interview untuk memberikan kesan yang ramah.
7. Jangan terlalu banyak berbicara, salah-salah justru anda yang jadi pewawancara.
8. Bersemangat dan berpikiran positif, tapi jangan terlalu over.
9. Usahakan komunikasi pada saat interview menjadi dua arah, jangan terlalu pasif kaya patung.
10. Jawablah pertanyaan dengan jelas.
11. Bawalah cadangan pas foto dan CV anda, kalau perlu uang cadangan lebih buat jaga-jaga ada sesuatu yang mendadak.
12. Tataplah mata pewawancara, dengan tatapan penuh semangat seolah-olah anda siap untuk bergabung bekerja.
13. Buatlah diri anda merasa nyaman selama interview.
14. Berikan jawaban yang jelas dan spesifik dan tidak terlalu berlebihan.
15. Anggap bahwa interview ini adalah pertemuan kencan anda, ini akan jauh lebih baik kan dari pada menjadi cemas dan tegang?
16. Cobalah bertanya jika ada yang tidak jelas pada saat interview
17. Jelaskan alasan anda berhenti atau pidah secara positif, jangan memberikan jawaban yang terlalu detail meskipun diminta.
18. Banyak-banyak berdo’a
itulah sedikit tips dalam mengahdapi interview,mudah-mudahan dapat sedikit membantu untuk menghilangkan rasa keraguan dan menimbulkan rasa percaya diri.

Dibawah ini salah satu syarat-syaratnya, bagi anda yang membutuhkan lowongan baik into Deck Engine maupun Hotel Dept, waitress,Assitant Steward Liddo,florist dan bamyak lagi lebih baik kunjungi situs resmi.


Please complete all of copies documents required as follows:




  1. Application letter should be written in English.

  2. Curriculum Vitae.

  3. Latest certificate endorsed by the school.

  4. Certificate of Job Training or Job Experience and English Course.

  5. Birth certificate.

  6. Family card (kartu keluarga) and ID card (KTP).

  7. Letter of good behavior from the police department (SKCK).

  8. Letter of permission to work with Holland America Line from parents/husband/wife affixed with Rp 6000 stamp duty.

  9. Recent color photograph 4 (four) pieces size 4 x 6 cm. ingat ini backrond photonya biru oke.


Disini ada salah satu contoh pada saat saya melamar ke SBI tapi sebaiknya jangan di tiru lebih baik bikin kreasi baru oke tapi kalau anda butuh contohnya silahkan download lengkap dengan Curuculum vitae



Silahkan download Disini

Silahkan komentar,saran dan pertanyaan mengenai artikel ini saya terbuka akan share dan berbagi pengalaman. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang tidak berkenan soalnya abis shaur bikin artikel jadi mungkin banyak kesalahan baik dalam pengetikan atau penyampaiannya..


Wasalam..


Agus Rudy Yanto


Informasi lebih lanjut silahkan hubungi PT. Sumber Bakat Insani Telp. 021 5227717. Website www.sbimanning.co.id


Selamat berjuang kawan sampai ketemu di kapal pesiar di Holland America

22 komentar:

  1. ya sama2 makasih infonya sangat manfaat

    BalasHapus
  2. waduh nice bgt ya kerja di kapal ^^

    BalasHapus
  3. ya begitulah suka dukanya tapi banyak sukanya ..jalan2 terus hee heee..

    BalasHapus
  4. mas agus saia liat foto flikr gak muncul ya...
    lebih baik mas abis daftar di flikr trus upload foto nah setelah itu klik foto yang sudah diupload tersebut lalu di bagian atas foto ada all size, setelah itu copas code html masukin ke widget mas...
    pasti lebih bagus ^^ jadi ada fotonya

    BalasHapus
  5. oh gitu ya mysoo ntar aq coba mks ya kunjungan dan saranya,

    BalasHapus
  6. mas agus melamar posisi apa yg plg mudah tuk di terima di sana pengalaman saya di hotel F&B tp b ingris sy kurang jd posisi mn ya mas yg pluangna lbh besar thank

    BalasHapus
  7. Kalau mas David dari F&B lebih baik apply bagian ke ASL (assiten Steward Lido) kalau dapat promotan nanti ke room service, terus ke Dinning Room itu setahu saya soalnya aku di Hosekeeping, karirnya bagus lo teman aku juga kemarin 8 blan dah di promote HAL lagi butuhin crew mu tambah kapal lagi, cepat2 aja apply ke sbi mu coba apply online juga bisa ada situsnya di atricle, tapi menurut aku baca kunjungi situsnya syrat lengkapnya ada disana..oke siapin aja tes MARLIN TESTnya (B.inggrisnya) aku yakin mas David jagolah b.inggrisnya ok ya klo mu tanyaa silahkan jangan sungkan2..:)

    BalasHapus
  8. oh untuk mas David sambil tunggu pannggilan lebih baik private atau ambil kursus b.inggris soalnya patal dech kalo gagal di bidang itu apalagi di service marline tesnya mesti 70% ke atas. lagian serificate b.inggris mesti ada..kalau mau pindah ke hosukeeping mesti pengalam di hk tapi menurut aku mendingan sesuai kemampuan dan pengalaman..tidak ada kata terlambat sok dari skrang..kalo emang minat..oke ..keep the best

    BalasHapus
  9. mas Rudy, kemarin dari kapal apa..? aku dari Westd, sekarang aku dah 3 bulan di rumah, dah medical tapi ada yg harus diulang sgot dan sgpt tinggi.
    mas rudi , artikelnya bagus buat nolong yang lagi cari info tentang kapal pesiar,sekarang lagi ada di mana mas Rudi...?blognya pakai blogger ya,...? bagus rud, terus beronline aja biar ada manfaatnya, sekalian saya mau belajar bikinin blogs atau web. sukses selalu.
    B.N.

    BalasHapus
  10. aku di kapal Ms.Oosterdam mas, aku cuti panjang dari mei kepotong ramadhan jadi oktober rencana brangkat lagi,..ya aku pakai wordpress gampang mas tinggal sign up aja www.wordpress.com. kalau mau tahu di mbhag google cari cara belajar wordpress atau ke forum wordpress aja..kalau ada apa2 tanya aja ma aku boleh aku juga sambil belajar juga nihh salam buat keluarga ya..

    BalasHapus
  11. mas bambang kemarin di dept apa, terus kalau sgot dan sgpt cara penyembuhannya gmana harus berapa lama nunggu?

    BalasHapus
  12. thank banget ya mas agus saya jd tmbh semangat

    BalasHapus
  13. ok mas David sama2..good luck bro

    BalasHapus
  14. Pak.... mo tanya,.... "apa sdh ada agen di Indonesia yg merekrut crew IT (Informasi&Teknologi) tuk di kapal pesiar....? :) thank's.....

    BalasHapus
  15. Kalau setahu saya belum ada mas, yang di agen SBI untuk IT diambil dari orang Filiphine dan India mudah2an kedepannya ada, kalau agen lain saya belum tahu. mau lihat lowongan kerja yang lain bisa lihat di www.sbimanning.co.id

    BalasHapus
  16. Mas agus numpang nanya niiii

    Temenku Gagal di medical test di Rs Purimedika karena darahnya positif Hbsag alias hepatitis b,,padahal badanya sehat,dan bahasa inggrisnyapun jago bgt,mas itu air kelapa muda yang di rebus dan diminum 12 jam sbelum test medikal apa bisa menegatifkan Hbsag dllm darah juga ? mohon pencerahan nya mas agus,dan kalau cewek di sbi apa harus D3 ? banyak kah crew ceweek aasal indo di kapal hal ? terimakasih

    BalasHapus
  17. air kelapa muda itu hanya untuk membersihkan bekas rokok atau alkohol itu pengalaman banyak orang, tapi kalo hepatitis B mesti terapi terus ke dokter ahli, sama dengan dialami teman aku juga...semoga teman kamu cepat disembuhkan sayang banget b.inggrisnya udah bagus..
    info lowongan kerja lengkap dengan syaratnya ada menu di side bar :
    Waitresses code (WF)
    Requirement:
    Minimum D1 in hotel school.
    Age between 21-35 year old.
    Good command of English is a must.
    Guest service oriented.
    Minimum 1 year working experience at qualified international restaurant.
    Nationalities Indonesians

    Di Hall recruit cewek untuk waitress baru tahun2 ini..aku tidak tahu kalau banyak/tidaknya karna aku baru pulang dari kapal nih,..aku saranin kalau untuk cewek yang minat harus yang kuat mental..soalnya berat godaanya dan kerja disana...anyway good luck

    BalasHapus
  18. bang tolong donk, saya pengen bgt gabung k HAL,, cz cita2 saya mw kerja dsn.. ntr kasik kbar ya.. klo da lowongan...

    BalasHapus
  19. Yudhi..klik aja link ini

    http://ehkangagus.wordpress.com/info-lowongan-kerja-kapal-pesiar/

    BalasHapus
  20. sorry !! ikutan nimbrung nih nanya klo vessel dan lido itu artinya apa sih? and saudara agus dulu waktu naik kapal t4nya bekerja, dari indon atau di luar trus biaya sendiri apa agency thanks for ur reply

    BalasHapus
  21. Vessel / ctuise ship artinya kapal pesiar. Lido itu Restoran dengan style buffet menu, semua crew dari indonesia dari agency SBI bisa lihat di postingan terakhir ada alamat dan situsnya dengan biaya sendiri.

    BalasHapus
  22. Kak mo tanya lembaga yg bagus buat mmperdlm bahasa dmna ya?
    Terus klo ada yg bisa d salurkan langsung gitu

    BalasHapus