Sabtu, 05 September 2009

Akibat Sushi Dan Sashimi, Ulat Dalam Kepala


Ini cerita nyata di Jepang....oops kalau gak kuat lihat gambar ini lebih baik lewati aja artikel ini...


Seorang kakek, Shota Fujiwara dari Gifuprefecture yg sering mengeluh sakit kepala membandel adalah penggemar berat makanan khas Jepang SUSHI & SASHIMI.  Kegemarannya ini sudah dimulai sejak dia muda sebagaimana layaknya warga Jepang lainnya. Namun pada usia lanjutnya kini, dia mengalami sakit kepala yg akut& hebat dalam 3 tahun terakhir, yg praktis membuatnya kesulitan utk bekerja & menjalani hidup dgn normal. dan sakitnya itu telah membuat kulit batok kepalanya terus membesar. Dan makin terlihat seperti jenong pada ikan Lohan.... Dia telah kehilangankemampuan psikomotoric- nya sejak 3 tahun lalu. Untuk mengatasi hal itu, dia pergi ke rumah sakit dan menjalani pemeriksaan CT-scan & X-ray utk memastikan penyebabnya. Dokter yg menanganinya menjadi sangat terkejut karena didapati tampilan benda-benda kecil aneh dibawah kulit kepalanya namun masih diluar tempurung otaknya.


Dokter kemudian melakukan anastesi lokal dan memutuskan membedah kecil kulit kepalanya, dan........kemudian ditemukan penyebab utamanya. Disitu ditemukan sarang ulat. Sungguh mengerikan. Kemudian diputuskan utk melakukan operasi bedah kulit kepala secara total utk memastikan ulat-ulat tersebut bisa dibersihkan dan infeksi dibawah kulit batok kepalanya bisa disembuhkan.



Jadi, BERHATI-HATILAH MEMAKAN SUSHI & SASHIMI (IKAN MENTAH,
GURITA MENTAH , CUMI MENTAH , UDANG MENTAH dsb

Ulat seperti yg didapati pada kepala Shota Fujiwara, adalah berasal dari parasit yg biasa didapat pada tubuh ikan , seafood mentah baik ikan laut maupun ikan ait tawar. Ulat parasit & telurnya hanya bisa dimatikan dgn melalui proses pemasakan degan panas tinggi (digoreng, dipanggang matang atau direbus mendidih) atau dgn pembekuan -10 degC s/d -20 degC selama lebih dari 1 minggu. Karena itu ingat-ingatlah, untuk memastikan konsumsi ikan ? seafood & daging hanya yg sudah melalui proses pemasakan yg benar (digoreng, dipanggang matang & direbus mendidih)




RENUNGILAH Firman Allah:
"Hai orang-orang yang beriman! Makanlah yang baik-baik dari apa-apa yang telah Kami berikan kepadamu, serta bersyukurlah kepada Allah kalau betul-betul kamu berbakti kepadaNya. Allah hanya mengharamkan kepadamu bangkai, darah, daging babi dan binatang yang disembelih bukan karena Allah. Maka barangsiapa dalam keadaan terpaksa dengan tidak sengaja dan tidak melewati batas, maka tidaklah berdosa baginya, karena sesungguhnya Allah Maha Pengampun dan Maha Belas-kasih." (Al-Baqarah: 172-173)


Semoga kita selalu diberikan kesehatan ini suatu pelajaran buat kita semua...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar