Kamis, 10 September 2009

Blackberry sama aja handphone biasa

Hp Blackberry  tidak ada gunanya jika kita tidak berlangganan paket Blackberry dari operator. Bisa dibilang tanpa servis BB, henpon BB sama aja handphone biasa

Henpon Blackberry melakukan koneksi internet dengan APN: blackberry.net, di mana setting ini builtin di hp BB atau di software BlackBerry Connect… dan gak bisa dipake di henpon biasa dengan bermain setting APN seperti GPRS biasanya. Akses untuk APN blackberry.net inilah yang harus kita bayar per bulan ke operator sekitar 185rb – 200rb.

Sedangkan akses email / account email Blackberry itu gak ada hubungannya dengan pembayaran per bulan ke operator td. Account Blackberry bisa kita buat jika kita punya handset/Blackberry. Dan aturan umumnya …. 1 henpon punya 1 account. Jadi hubungannya henpon-to-account … terserah mo pake operator apa pun.

Di setiap henpon Blackberry, kita musti tahu PIN dan IMEI dari si henpon. PIN di sini bukan PIN untuk nyalain henpon, tetapi lebih mirip IMEI kedua dari si henpon. PIN BB merupakan identitas henset BB, yang memungkinkan ngobrol PIN-to-PIN.

Nah untuk pembuatan account BB, kita tinggal masuk ke situs seperti:
- xl.blackberry.com
- telkomsel.blackberry.com
- indosat.blackberry.com

Sebenernya ini terserah aja mo pake yg mana, sama aja … krn itu ke server nya RIM. Hanya saja lebih baik ngikutin operator yang digunakan. Pada saat registrasi, nanti akan ditanyakan PIN dan IMEI dari henset BB milik kita. Nah, kl misalnya nanti ganti henset … musti masuk ke account ini dulu en pilih Change Device, en kita musti masukin PIN ama IMEI BB yang baru. Kaau  gak, pemilik henset BB yang baru tidak bakal bisa daftar account ke Blackberry (RIM).

Untuk temen2 yg mo beli BB, persiapkan dulu kartu / SIM card yng udah siap BB servis.
Jadi pas beli henset BB baru, lsg dicoba untuk diregistrasi account BB, karena beberapa kasus temen  yg  alamin … banyak jg henset BB yang masih nggantung alias udah terdaftar ama orang lain. Kalau kasus nya gini, urusan ribet … bisa dibilang ampir gak bisa “dibenerin” … kecuali kita minta pemilik account tsb utk ngelepas PIN BB nya.

Tp andaikata sempet ngalamin, coba deh lakukan hard reset dulu si BB … kadang BB nya msh rada o’on … cara hardresetnya: Options – Security Options – General Settings – (klik Menu) – Wipe Handheld. Kl emang msh nggantung, ya udah deh

Proses testing henset BB:
1. Siapkan SIM Card yang sudah siap BB servis
2. Masukkan SIM card ke henset BB, nyalakan, dan lakukan proses registrasi servis BB
3. Jika perlu restart BB dulu ( ALT – CAP – DEL )
4. Perhatikan indikator tulisan GPRS / EDGE … dari hurup kecil (gprs), nanti berubah jadi hurup besar (GPRS). Ini menandakan servis BB dari operator sudah aktif.
5. Buka Options – Advanced Options – Host Routing Table
Harusnya ada beberapa baris tulisan di sana, kl masih kosong … klik Menu – Register Now
Tunggu sampe muncul beberapa baris di Host Routing Table
6. Buka web browser di PC, dan masuk ke situs BB
- xl.blackberry.com
- telkomsel.blackberry.com
- indosat.blackberry.com
Pilih sesuai operator SIM Card.
7. Buka di BB, Options – Status, catet PIN en IMEI
8. Register new account di situs BB dengan PIN en IMEI si henset.
9. Jika sukses, nanti tinggal setting email account aja di situs BB.
10. Setting Email cukup dari situs BB, gak perlu di henset lg.

Udah deh, sampe sini BB udah bisa dipake bloginng n' chating googling ...ah terserah ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar